HP / WHATSAPP : +62 822 3644 4481

Wednesday 3 August 2016

Dekorasi Ruang Perpustakaan



Ruang Perpustakaan
Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.
Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital.


Penataan Ruangan Perpustakaan
ü  Aspek Fungsional Perpustakaan
Maksudnya  penataan  ruang mendukung  kinerja perpustakaan. Antar ruang mempunyai hubungan fungsional, yang dapat memudahkan/melancarkan kegiatan pemustaka dan petugas perpustakaan.
ü  Aspek Psikologis Pengguna Perpustakaan
Aspek psikologis pemustaka (atau biasa disebut pengunjung perpustakaan) hendaknya diperhatikan. Perabot yang serasi, penataan yang rapi memungkinkan pemustaka merasa nyaman berada di dalam perpustakaan.
ü  Aspek Estetika Perpustakaan
Keindahan  ruangan perlu mendapat perhatian, namun bukan  berarti menggunakan barang-barang (perabot) yang  mahal. Keserasian, kebersihan adalah faktor penting untuk menunjang keindahan.
ü  Aspek Keamanan Bahan Pustaka
Maksudnya letakkan koleksi (bahan pustaka) ditempat  yang  “aman”, baik aman  dari  kerusakan  alamiah (misal  dari air hujan, sinar matahari langsung, dll) ataupun aman dari  kemungkinan  perusakan/pencurian.
Ide Dekorasi Perpustakaan Untuk Menciptakan Ruang Baca Yang Nyaman Dirumah
ü  Skema Warna Yang Hangat
ü  Panel Dinding Kayu
ü  Furniture Pengisi Ruangan

Perlengkapan yang sangat dibutuhkan dalam penyelengaraan perpustakaan. Pengadaan setiap perlengkapan harus mempertimbangkan hal-hal seperti nilai efisiensi pengeluaran uang, efisiensi dalam pengaturannya, mutunya baik, enak dipakai, dan menarik bagi penglihatan.
ü  Meja dan kursi sirkulasi yang memiliki desain khusus, biasanya disesuaikan dengan aktivitas di sirkulasi dan kebutuhan perlengkapan untuk mendukung layanan sirkulasi.
ü  Meja dan kursi baca sangat dibutuhkan oleh perpustakaan dengan pemilihan jenis disesuaikan dari luas ruangan perpustakaan.
Desain Interior Malang, Interior Perpustakaan Malang


ü  Meja dan kursi kerja. Tidak begitu banyak dibutuhkan oleh perpustakaan, namun demikian meja kerja ini sangat penting. Segala aktivitas perpustakaan dikendalikan dari meja kerja.
Desain Interior Malang, Interior Perpustakaan Malang




ü  Meja atau rak atlas dan kamus yang dapat dimanfaatkan untuk menempatkan surat kabar yang dilengkapi dengan alat penjepit (stick).
ü    Lemari katalog atau disebut juga kabinet katalog yang digunakan untuk menyimpan kartu katalog.
Desain Interior Malang, Interior Perpustakaan Malang

ü  Rak buku atau juga lemari buku untuk menyusun buku-buku perpustakaan sekolah. Usahakan ukuranya disesuaikan denghn tinggi badan murid-murid sekolah yang dilayani.
Desain Interior Malang, Interior Perpustakaan Malang

ü  Lemari arsip digunakan untuk arsip perpustakaan yang berupa data siswa yang menjadi anggota perpustakaan, data siswa yang meminjam koleksi perpustakaan dan data koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan sekolah.
ü  Laci penitipan tas atau locker dapat dimanfaatkan untuk menitipkan tas, jaket dan barang yang tidak diperkenankan masuk ke dalam ruangan perpustakaan.
ü  Kereta buku biasanya sangat dibutuhkan di perpustakaan sekolah yang besar. Kegunaanya adalah untuk mengangkut buku-buku yang dikembalikan oleh siswa dari meja sirkulasi ke rak buku.
ü  Papan display adalah suatu papan yang dapat digunakan untuk memperlihatkan informasi buku baru.

Cara Kerja Kami :
Kami menerima pesanan dari client dan akan mediskusikan tentang desain dan rentan harga pesanan dengan client hingga terdapat persetujuan antara kedua pihak. Setelah terdapat persetujuan, kami akan melakukan survey lokasi (GRATIS) ketempat client untuk mengetahui ukuran ruangan dan desain yang cocok untuk ruangan client. Setelah survey lokasi, kami akan menunjukan visualisasi hasil akhir dengan tampilan 3D pesanan dalam ruangan client yang 90% mirip dengan ruangan aslinya, dan meminta persetujuan desain kepada client. Apabila desain sudah disetujui, kami akan langsung mengerjakan pesanan client hingga selesai. Apabila pesanan sudah selesai, kami akan mengantarkan barang ke tempat client dan langsung memasangnya diruangan client.
Keunggulan dari perusahaan kami :
GRATIS Desain 3D
GRATIS survey lokasi
GRATIS biaya pemasangan
GRATIS RAB (Rencana Anggaran Biaya)
GRATIS biaya pengiriman
Harga barang tergolong terjangkau
Desain bersifat feksibel (disesuaikan keinginan client)
Desain modern
Dikerjakan oleh tukang-tukang berpengalaman lebih dari 25 tahun

Line Interior akan membantu mewujudkan keinginan Anda dengan menawarkan segala barang furniture & interior yang didesain khusus sesuai dengan keinginan konsumen. Barang yang kami tawarkan meliputi pembuatan kitchen set, bedroom set, lemari, partisi, credenza, nakas, wardrobe, backdrop, meja bar, bookshelf dll. Untuk lebih jelasnya silakan menghubungi pihak kami melalui Telpon/Whatsapp 0822 3644 4481 (telkomsel) dan 0815 5592 8976 (indosat) atau bisa datang langsung ke kantor kami yang berada di Jl. Ikan Lodan No. 129, Kemirahan Malang Jawa Timur.

 

No comments:

Post a Comment