HP / WHATSAPP : +62 822 3644 4481

Wednesday 3 August 2016

Perpustakaan Sekolah


Gedung atau ruangan perpustakaan adalah bangunan yang sepenuhnya diperuntukkan bagi seluruh aktivitas perpustakaan. Disebut gedung apabila merupakan bangunan besar dan permanen, terpisah pergerakan  manusia sebagai pengguna perpustakaan , daerah konsentrasi manusia, daerah konsentrasi buku/barang, dan titik-titik layanan yang diberikan oleh perpustakaan.
Perpustakaan sekolah yang dilengkapi secara tepat hendaknya memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • rasa aman
  • pencahayaan yang baik
  • didesain untuk mengakomodasi perabotan yang kokoh,  tahan lama dan fungsional, serta memenuhi persyaratan ruang, aktivitas dan pengguna perpustakaan,
  • didesain untuk menampung persyaratan khusus sekolah
  • didesain untuk mengakomodasi perubahan pada program sekolah, program pengajaran , serta perkembangan teknologi audio video dan data yang muncul.
  • didesain untuk memungkinkan penggunaan, pemeliharaan serta pengamanan yang sesuai menyangkut perabotan, peralatan, alat tulis kantor dan materi.
  Fungsi Ruangan
  • Menyimpan bahan pustaka
  • Tempat bagi para pengunjung perpustakaan. Dengan adanya ruang, pengunjung bisa memanfaatkan bahan pustaka dengan nyaman.
  • Tempat bagi para staff perpustakaan (baik staff administrasi maupun staff operasional)


Ruang Perpustakaan Sekolah
Luas gedung atau ruang perpustakaan sekolah tergantung kepada jumlah murid yang dilayani. Semakin banyak jumlah murid pada suatu sekolah semakin luas pula gedung atau ruang yang harus disiapkan untuk penyelenggaraan perpustakaan sekolah. 
Perabot  dan Peralatan Perpustakaan Sekolah
1.  Perabot Perpustakaan
Perabot perpustakaan adalah sarana pendukung  atau  perlengkapan perpustakaan sekolah yang digunakan perpustakaan agar dapat optimal dibutuhkan perabot dan perlengkapan perpustakaan antara lain :
1.   Rak buku atau juga lemari buku untuk menyusun buku – buku perpustakaan sekolah. Usahakan ukurannya sesuai dengan tinggi badan murid – murid sekolah yang dilayani.
Desain Interior Malang, Interior Perpustakaan Malang


2. Rak Surat Kabar dapat dimanfaatkan untuk menempatkan surat kabar. Apabila surat kabar disusun dengan cara dilipat akan cepat rusak atau robek. Untuk itu perlu rak khusus, yaitu rak surat kabar yang terbuat dari kayu. Lebarnya disesuiakan dengan ukuran surat kabar.
3. Rak Majalah dibuat untuk menempatkan majalah – majalah. Ukurannya disesuaikan tinggi murid – murid sekolah yang dilayani
Desain Interior Malang, Interior Perpustakaan Malang


4.  Meja sirkulasi digunakan untuk petugas perpustakaan sekolah yang melayani pinjaman dan pengembalian buku – buku.
Desain Interior Malang, Interior Perpustakaan Malang


5. Meja dan kursi kerja. Tidak begitu banyak dibutuhkan oleh perpustakaan, namun demikian meja kerja ini  sangat penting. Segala aktivitas perpustakaan dikendalikan dari meja kerja.
Desain Interior Malang, Interior Perpustakaan Malang


6.  Meja dan kursi belajar untuk murid – murid yang akan membaca atau belajar di ruang perpustakaan sekolah baik secara perorangan maupun berkelompok.
7.  Lemari Katalog atau disebut juga cabinet catalog digunakan untuk menyimpan kartu catalog. Besarnya lemari catalog sesuai dengan jumlah laci catalog dilengkapi denagn alat penusuk kartu agar kartu – kartu tidak mudah dicabut keluar atau diambil.
Desain Interior Malang, Interior Perpustakaan Malang


8.  Lemari multimedia yang digunakan untuk menyimpan koleksi dalam bentuk multi media seperti kaset, CD ROM, mikrofilm.
9.  Lemari arsip digunakan untuk arsip perpustakaan yang berupa data siswa yang menjadi anggota perpustakaan, data siswa yang meminjam koleksi perpustakaan dan data koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan sekolah.
10.  Kereta buku digunakan untuk mengangkut buku – buku yang dikembalikan oleh murid – murid, yaitu dari meja sirkulasi ke rak buku atau pengangkut buku yang telah diproses, yaitu dari bagian processing  ke rak buku.
11.  Papan display adalah suatu papan yang dapat digunakan untuk memamerkan buku – buku yang baru datang.
12. Laci penitipan tas atau  locker   dapat dimanfaatkan untuk menitipkan tas, jaket dan barang yang tidak diperkenankan masuk ke dalam ruangan perpustakaan.


2.  Peralatan Perpustakaan
Peralatan perpustakaan adalah barang-barang yang diperlukan secara langsung dalam mengerjakan tugas/kegiatan di perpustakaan. Yang  termasuk  dalam perlengkapan perpustakaan antara lain :
1.  buku pedoman perpustakaan
2.  Buku klasifikasi
3.  Kartu catalog
4.  Buku Induk
5.  Kantong buku
6.  Lembar tanggal kembali,
7.  Label
8.  Cap inventaris
9.  Cap perpustakaan
10. Bak stempel
11.  Kartu pemesanan
12.  Mesin ketik/Komputer
13.  ATK
14.  Selotip
15   Lem dll.
Perpustakaan sekolah mempunyai peran penting sebagai pintu gerbang bagi masyarakat masa kini yang berbasis informasi. Karena alasan inilah, maka perpustakaan sekolah harus menyediakan akses ke semua peralatan elektronik, komputer, dan pandang-dengar. Peralatan tersebut meliputi:
• komputer meja dengan akses Internet
• katalog akses publik yang di sesuaikan dengan usia dan tingkat murid yang berbeda
• tape-recorder
• perangkat CD-ROM
• alat pemindai (scanner)
• perangkat video (video players)
• peralatan komputer, khusus disesuaikan untuk pengguna tuna netra ataupun menderita cacad fisik lainnnya.
Perabotan komputer hendaknya didesain untuk anak-anak dan mudah disesuaikan guna memenuhi ukuran fisik yang berbeda.
Tata Ruang Perpustakaan Sekolah
  1. Menata meja ruang petugas
Dalam penyelenggaraan perpustakaan sekolah terdapat kepala perpustakaan, petugas tata usaha, petugas pelayanan teknis, dan petugas pelayanan pembaca. 
2.    Menata meja dan kursi belajar
Penataan meja dan kursi belajar yang baik diintegrasikan dengan tempat atau rak – rak buku.
Perpustakaan sekolah perlu juga menyediakan beberapa meja dan kursi belajar yang sengaja ditata untuk kepentingan belajar kelompok, diskusi kelompok, dan mengerjakan tugas – tugas kelompok. 
3.    Menata ruang perpustakaan sekolah
Penataan ruang perpustakaan sekolah memiliki beberapa kegunaan atau manfaat yang harus dicapai. Manfaat atau kegunaan tersebut menjadi pedoman atau bahan pertimbangan pada setiap aktivitas penataan ruang. Manfaat – manfaat yang diharapkan dicapai melalui penataan ruang perpustakaan sekolah adalah sebagai berikut:
1.  Dapat menciptakan suasana aman, nyaman, dan menyenangkan untuk belajar, baik bagi murid – murid, guru – guru, dan pengunjung lainnya.
2.  Mempermudah murid – murid, guru – guru, dan pengunjung lainnya dalam mencari bahan – bahan pustaka yang diinginkan.
3.  Petugas perpustakaan sekolah mudah memproses bahan – bahan pustaka, memeberikan pelayanan, dan melakukan pegawasan.
4.  Bahan – bahan pustaka aman dari segala sesuatu yang dapat merusaknya.
5. Memudahkan petugas perpustakaan sekolah dalam melakukan perawatan terhadap semua perlengkapan perpustakaan sekolah.
Penempatan perabotan perpustakaan diletakan sesuai dengan fungsi dan berdasarkan pembagian ruang diperpustakaan sebagai contoh :
1.  lobi, dapat ditempatkan perabot berupa lemari penitipan barang, papan pengumuman dan pameran, kursi tamu, meja dan kursi petugas.
2. ruang peminjaman dapat diletakan meja dan kursi sirkulasi, kereta buku, lemari arsip, laci-laci kartu pengguna, jika sudah otomosi maka computer , bacode reader dan  kursi petugas.
3.  ruang koleksi buku  sebagai tempat  rak buku baik dari satu sisi atau  dua sisi, kereta buku, tangga beroda.
4.  ruang baca  yang terdiri dari  meja kursi baca kelompok, perorangan dan meja kamus.
5.  ruang administrasi yang didalamya terdapat  meja kursi petugas, lemari arsip, mesin ketik, komputer,  pesawat  telpon, kereta buku, lemari buku dsb.
Sistem Layanan Perpustakaan Sekolah
Sistem pelayanan perpustakaan dapat dibedakan ke dalam dua cara yaitu sistem pelayanan terbuka (opened access) dan sistem pelayanan tertutup (closed access). Pada sistem pelayanan terbuka pengguna dapat masuk ke ruang penyimpanan koleksi, sehingga dapat mencari dan menemukan sendiri bahan pustaka yang ditempatkan di dalam rak. Sedangkan pada system pelayanan tertutup pengguna harus meminta bantuan pustakawan untuk mencari bahan pustaka yang diperlukannya.


Cara Kerja Kami :
Kami menerima pesanan dari client dan akan mediskusikan tentang desain dan rentan harga pesanan dengan client hingga terdapat persetujuan antara kedua pihak. Setelah terdapat persetujuan, kami akan melakukan survey lokasi (GRATIS) ketempat client untuk mengetahui ukuran ruangan dan desain yang cocok untuk ruangan client. Setelah survey lokasi, kami akan menunjukan visualisasi hasil akhir dengan tampilan 3D pesanan dalam ruangan client yang 90% mirip dengan ruangan aslinya, dan meminta persetujuan desain kepada client. Apabila desain sudah disetujui, kami akan langsung mengerjakan pesanan client hingga selesai. Apabila pesanan sudah selesai, kami akan mengantarkan barang ke tempat client dan langsung memasangnya diruangan client.
Keunggulan dari perusahaan kami :
GRATIS Desain 3D
GRATIS survey lokasi
GRATIS biaya pemasangan
GRATIS RAB (Rencana Anggaran Biaya)
GRATIS biaya pengiriman
Harga barang tergolong terjangkau
Desain bersifat feksibel (disesuaikan keinginan client)
Desain modern
Dikerjakan oleh tukang-tukang berpengalaman lebih dari 25 tahun

Line Interior akan membantu mewujudkan keinginan Anda dengan menawarkan segala barang furniture & interior yang didesain khusus sesuai dengan keinginan konsumen. Barang yang kami tawarkan meliputi pembuatan kitchen set, bedroom set, lemari, partisi, credenza, nakas, wardrobe, backdrop, meja bar, bookshelf dll. Untuk lebih jelasnya silakan menghubungi pihak kami melalui Telpon/Whatsapp 0822 3644 4481 (telkomsel) dan 0815 5592 8976 (indosat) atau bisa datang langsung ke kantor kami yang berada di Jl. Ikan Lodan No. 129, Kemirahan Malang Jawa Timur.

 

3 comments: